Fakultas Pertanian Untad
+62
pertanian@untad.ac.id

WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA STRATEGI (RENSTRA) DAN RENCANA OPERSIONAL (RENOP)

WORKSHOP PENYUSUNAN RENCANA STRATEGI (RENSTRA) DAN RENCANA OPERSIONAL (RENOP)

Palu, Kamis 14 November 2019 – Fakultas Pertanian menyelenggarakan kegiatan Workshop Penyusunan Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Operasional (Renop) dengan mengundang Narasumber yaitu Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS (Universitas Brawijaya). Kegiatan tersebut diikuti sekitar 75 peserta meliputi Dosen-Dosen Program Studi Agroteknologi, Dosen-Dosen Program Studi Agribisnis,  Tenaga Kependidikan, dan Alumni-Alumni Fakultas Pertanian Universitas Tadulako. Kegiatan tersebut dilaksanakanpada hari kamis, tanggal 14 November 2019 bertempat di Ruang Livistona Lt.2 Hotel Best Western Coco Plus Palu Jalan Basuki Rahmat No. 127 Palu. Fl�

Acara Pembukaan Berlangsung Pukul 08.00 Wita dan dihadiri Oleh Dekan Fakultas Pertanian dan para peserta Workshop. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh hadirin. Acara selanjutnya yaitu Sambutan dan Laporan dari ketua Panitia Workshop oleh Dr. Ir. Sakka Samudin, MP. Dalam sambutannya Dr. Sakka mengatakan Rencana Strategis (Renstra) yang merupakan pedoman dalam melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang dibuat dalam kualitet tertentu dan juga implementasi dari renstra dalam bentuk Rencana Operasional (Renop) yang dilkakukan dalam setiap tahunan sesuai dengan renstra adalah merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam suatu Perguruan Tinggi atau unitnya yaitu Fakultas. Sekaitan dengan hal tersebut maka Fakultas Pertanian menganggap hal itu penting sehingga dengan Renstra dan Renop diharapkan dapat mencapai harapan visi dan misi yang dibuat. Dr. Sakka juga mengatakan workshop yang dibuat pada hari ini bertujuan untuk mencari gagasan-gagasan atau pemikiran yang nantinya bisa dimasukkan dalam Renstra tersebut karena setelah kegiatan ini Renstra tidak langsung selelsai karena akan dibahas oleh tim atau dosen-dosen dari fakultas pertanian.

Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Dekan Fakultas Pertanian sekaligus membuka Kegiatan workshop yaitu oleh Dr. Ir. Muhardi, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Muhardi mengatakan hal yang pokok dalam menyusun Resntra yaitu berbatas stakeholder untuk mendapatkan masukkan tentang peluang dan tantangan yang diolah menjadi energi penggerak dalam menjalankan organisasi untuk mencapai tujuannya.

Acara terakhir yaitu pembacaan doa oleh Dr. Ir. Bahruddin, MP.

Setelah acara pembukaan selesai, masuk ke pemberian materi oleh Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS.

Pada akhir acara, diadakan pemberian Sertifikat secara Simbolik kepada Peserta Workshop oleh Prof. Dr. Ir. Kuswanto, MS selaku narasumber dan diadakan juga foto bersama oleh peserta dan narasumber.