Organisasi Dan Manajemen

  • PIMPINAN FAKULTAS PERTANIAN
    • Dekan : Dr. Ir. Muhardi, M.Si. IPM. ASEAN. Eng.
    • Wakil Dekan Bidang Akademik : Dr. Ir. Abdul Rahim, STP., MP., IPM., ASEAN., Eng
    • Wakil Dekan Bid. Umum & Keuangan : Dr. Ir. Rustam Abd. Rauf, SP, MP., IPM., ASEAN., Eng
    • Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan : Dr. Ir. Isrun, SP, M.P., IPM., ASEAN., Eng
  • SENAT FAKULTAS PERTANIAN

Keanggotaan

  1. Guru Besar
  2. Pimpinan Fakultas
  3. Ketua-ketua Jurusan dan Laboratorium
  4. Wakil Dosen

DAFTAR NAMA ANGGOTA SENAT

(SK. Rektor Univ. Tadulako Nomor : 3046/UN28/KP/2015)

Tentang

Pengangkatan Anggota Senat Fakultas Pertanian Universitas Tadulako

Periode 2015-2019

No N  a  m  a N  I  P Jabatan Keterangan
1 Prof. Ir. Zainuddin, PhD 196612121992031002 Ketua Ex Officio/Dekan
2 Dr. Rustam Abd Rauf, SP,MP. 197406032002121002 Anggota Ex Officio/ Wakil Dekan Bidang Akademik
3 Dr. Ir. Muhardi, MP. 196406011989031003 Anggota Ex Officio/Wakil Dekan Bidang Umum & Keuangan
4 Dr.Syamsuddin Laude, SP,MP 196707301999031001 Anggota Ex Officio/Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan
5 Dr. Ir. Abd Rahim Thaha, MP. 195710301984031003 Anggota Ex Officio/Ketua Jurusan Budidaya Pertanian
6 Dr. Ir. Flora Pasaru, MP. 195804121986012001 Anggota Ex Officio/ Ketua Jurusan HPT
7 Dr. Yulianti Kalaba, SP, MP. 197808112003122001 Anggota Ex Officio/ Ketua Jurusan Agribisnis
8 Prof.Dr.Ir. Muh. Basir, SE, MS. 196102021989031001 Anggota Guru Besar
9 Prof. Dr. Ir. H. Mahfudz, MP 196206291987011001 Anggota Guru Besar
10 Prof. Dr.  Ir. Marhawati M, MT 195905021984032001 Anggota Guru Besar
11 Prof.Dr.Ir. Alam Anshary, M.Si 195812011986031003 Anggota Guru Besar
12 Prof. Dr.Ir. Indrianto Kadekoh, MP 196205221987011001 Anggota Guru Besar
13 Prof.Dr.Ir. Fathurrahman, MP. 196211231988031004 Anggota Guru Besar
14 Prof. Dr. Ir. Made Antara, MP 196111251987011001 Anggota Guru Besar
15 Prof.Dr.Ir. Saiful Darman, MP. 196011261986031004 Anggota Guru Besar
16 Prof. Dr. Ir. Max Nur Alam, MS 195205011985031001 Anggota Guru Besar
17 Prof. Dr. Shahabuddin, M.Si 196906121998031006 Anggota Guru Besar
18 Dr. Ir. Moh. Yunus, MP 195702171985111001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
19 Dr. Ir. Anthon Monde, MP 196002161988031003 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
20 Dr.Ir.H.Muhammad Ansar, MP 196208091987031001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
21 Dr.Ir.Iskandar M Lapanjang, MP 196207151989031002 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
22 Dr.Ir.Muhd. Nur Sangadji, DEA 196209081990031002 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
23 Dr. Ir. Maemunah, MP. 196807191992032001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
24 Dr. Ir. Imam Wahyudi, M.Phil 195510071985111001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
25 Dr. Ir. Rostiati, MP. 196310201990032002 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
26 Dr. Asrul, SP, MP. 197203122000031001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agroteknologi
27 Dr. Ir. Abdul Muis, MS 195910161987011001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agribisnis
28 Dr. Ir. Hj. Hadayani, MS. 195912071986032003 Anggota Wakil Dosen Prodi Agribisnis
29 Dr. Wildani Pingkan Suripurna Hamzens, ST, MT. 196710191994122001 Anggota Wakil Dosen Prodi Agribisnis
  • UNSUR PELAKSANA AKADEMIK

Jurusan dan Program Studi :

  • Ketua Jurusan Budidaya Pertanian : Dr. Ir. Muhammad Anshar, MP.

Sekretaris                                                         : Dr. Ir. Rostiati, MP.

  • Ketua Jurusan HPT : Dr. Asrul, SP., MP.

Sekretaris                                                         : Dr. Hasriyanti, SP, MP.

  • Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian : Dr. Ir. Abdul Muis, MP.

Sekretaris                                                         : Dr. Alimudin Laapo, SP., M.Si.

  • Koordinator Program Studi Agribisnis S2 : Dr. Ir. Effendy, M.Si.
  • Koordinator Program Studi Agroteknologi : Dr. Irwan Lakani, SP, MP.
  • Koordinator Program Studi Agribisnis S1 : Dr. Ir. Arifuddin Lamusa, MP.
  • Ketua BKU Sumberdaya Lahan : Rezi Amelia, SP., MP
  • Ketua BKU Agronomi : Dr. Ir. Usman Made, MP.
  • Ketua BKU Hortikultura : Dr. Ir. Sri Anjar Lasmini, MP.
  • Ketua BKU  Proteksi                                      : Dr. Ir. Flora Pasaru, MSi.
  • Ketua BKU Teknologi Hasil Pertanian : Dr. Ir. Nur Alam, MP.

Laboratorium :

  1. Ketua Laboratorium Agroteknologi : Dr. Ir. Johanes Panggeso, MP.
  2. Ketua Laboratorium Agribisnis : Dr. Christoporus, SP, MM.
  3. Kepala Unit Lab. Ilmu Tanah : Ir. Danang Widjajanto, MS.
  4. Kepala Unit Lab. Ilmu & Teknologi Benih : Dr. Ir. Enny Adelina, MP.
  5. Kepala Unit Lab. Bioteknologi : Ir. Ramal Yusuf, M.Sc.
  6. Kepala Unit Lab. Hortikultra : Dr. Ramli, , MP.
  7. Kepala Unit Lab. Ilmu Hama Tumbuhan : Ir. Burhanuddin Haji Nasir, MP.
  8. Kepala Unit Lab. Ilmu Penyakit Tumbuhan : Ir. Rosmini, MP.
  9. Kepala Unit Lab. Agronomi                          : Nursalam, SP, MSi.
  10. Kepala Lab. Analisis SDA & Lingkungan :Dr. Isrun, SP, MP.
  11. Kepala Lab. Agroindustri : Dr. Ir. Gatot Siswo Hutomo, MP.
  12. Kepala Kebun Akademik : sc.agr. Ir. Henry N. Barus, M.Sc.
  • UNSUR PELAKSANA ADMINISTRASI
  1. Kepala Bagian Tata Usaha                 : Drs. Ruslin Djuhaepah
  2. Kasubag Pendidikan & Pengajaran : Ruswadi, S.Kom., MM.
  3. Kasubag Umum & Perlengkapan : Syaharuddin, S.Sos, MAP.
  4. Kasubag Kepegawaian & Keuangan : Sri Yanti, S, M.Sc.
  5. Kasubag Kemahasiswaan                 : Drs. H. Zulfikar.
  • UNSUR PENUNJANG
  • Kepala Perpustakaan : H. Saharuddin, S.Sos, M.Si.
  • Unit Penjaminan Mutu Fakultas : Dr. Ir. Abdul Hadid, MSi.
  • Pusat-Pusat Kajian :
    1. Pusat Kajian Pengembangan Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan
    2. Pusat Kajian Makanan Tradisional
    3. Pusat Kajian Biofarmaka
    4. Pusat Kajian Pertanian Berkelanjutan
    5. Pusat Kajian Agribisnis dan Investasi
    6. Pusat Kajian dan Pengembangan Hortikultura
    7. Pusat Kajian Entomologi
    8. Pusat Kajian Fitopatologi
    9. Pusat Kajian PHT
    10. Pusat Kajian Diversifikasi Pangan
  • JENJANG MANAJEMEN SERTA FUNGSI DAN TUGAS PIMPINAN DALAM LINGKUNGAN FAKULTAS PERTANIAN

2.6.1 Jenjang Manajemen

  • Dekan adalah pimpinan Fakultas yang mempunyai tugas memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pembinaan sivitas akademika dilingkungan Fakultas.
  • Wakil Dekan sebagai pelaksana tugas sehari-hari, terdiri atas:
  • Wakil Dekan Bidang Akademik (Wadek Bidak).
  • Wakil Dekan Bidang Administrasi dan Keuangan (Wadek Biduk).
  • Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan (Wadek Bima).
    • Senat Fakultas, Adalah Badan Normatif tertinggi yang ada di Fakultas Pertanian yang terdiri dari para Guru Besar, Pimpinan Fakultas, Wakil Dosen dari setiap Jurusan/Program Studi, dan mereka yang ditunjuk berdasarkan ketetapan yang diatur oleh Fakultas Pertanian.
    • Jurusan/Program Studi, Adalah unsur pelaksana akademik dibidang studi tertentu berada dibawah Dekan, terdiri atas:
  • Jurusan Budidaya Pertanian
  • Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan
  • Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
  • Program Studi Agroteknologi
  • Program Studi Agribisnis
    • Dosen Tetap PNS dan Dosen Tetap Non PNS adalah staf pengajar di lingkungan Fakultas Pertanian yang berada di bawah Dekan.
    • Laboratorium/Studio adalah sarana penunjang jurusan di bidang Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian sertaPengabdian kepada masyarakat.
    • Kelompok Pengajar (Kelompok Jabatan Fungsional Dosen) adalah kelompok pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan/atau olah raga melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
    • Pusat Kajian adalah bagian dari layanan akademik Fakultas Pertanian yang mempunyai kegiatan dibidang pengabdian pada masyarakat, penelitian, perencanaan dan pengembangan sesuai dengan bidang ilmu yang ada.
    • Pelayanan Perpustakaan adalah layanan akademik yang merencanakan dan menyiapkan sarana berupa literatur dan buku-buku bacaan yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Fakultas Pertanian.
    • Bagian Tata Usaha Fakultas Pertanian, adalah unit pelayanan administrasi di lingkungan Fakultas Pertanian yang berada di bawah Dekan. Dalam pelaksanaan tugasnya dibantu oleh 4 sub bagian, yaitu :
      1. Sub Bagian Pendidikan dan Pengajaran terdiri atas:
    • Registrasi, pendaftaran mahasiswa, dan cuti akademik.
    • Urusan Perkuliahan dan Ujian Semester.
    • Urusan Bimbingan dan Ujian Akhir Studi (Ujian Sarjana)
      1. Sub Bagian Administrasi Umum dan Perlengkapan, terdiri atas:
    • Urusan administrasi umum
    • Urusan rumah tangga
    • Urusan pengadaan dan Perlengkapan
      1. Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian terdiri atas:
    • Urusan Adminstrasi Keuangan
    • Urusan Administrasi Kepegawaian.
      1. Sub Bagian Kemahasiswaan terdiri atas:
    • Urusan Kemahasiswaan
    • Urusan Alumni
  • Fungsi, Tugas dan Tanggung Jawab

1).  D e k a n

Fungsi :

Sebagai penanggung jawab tunggal kegiatan akademik dan administrasi serta pimpinan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi di lingkungan Fakultas Pertanian.

T u g a s :

    • Menetapkan rencana kegiatan dan pengembangan Fakultas, baik akademik maupun administratif.
    • Mengkoordinir semua kegiatan yang berhubungan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan administrasi.
    • Membuat pertanggungjawaban kepada Rektor, terutama Laporan Kinerja Akuntabilitas Instansi Pemerintah (LAKIP).
    • Mewakili Fakultas Pertanian pada kegiatan luar.
    • Menetapkan keputusan dalam penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Administrasi.

2). Wakil Dekan Bidang Akademik

Fungsi :

Membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Tugas :

Mengkoordinir kegiatan di lingkungan Fakultas Pertanian, yang meliputi:

  • Perencanaan, pelaksanaan, pengembangan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Pembinaan tenaga pengajar dan tenaga peneliti.
  • Persiapan program pendidikan baru pada berbagai tingkat maupun bidang.
  • Penyusunan program dalam usaha pengembangan daya dan penalaran mahasiswa.
  • Perencanaan dan pelaksanaan kerja sama dalam bidang pendidikan dan penelitian antar Fakultas di lingkungan universitas serta dibidang pengabdian kepada masyarakat dan usaha penunjangnya.
  • Pengolahan data yang berhubungan dengan pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masysrakat.

3)Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan

Fungsi :

Membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan administrasi umum, keuangan, dan Kepegawaian

Tugas :

Mengkoordinir, mengawasi, dan  memelihara ketertiban  kegiatan di lingkungan Fakultas Pertanian yang meliputi:

  • Pengelolaan Keuangan
  • Pengelolaan Kepegawaian
  • Pengurusan perlengkapan
  • Pengurusan Ketertiban dan Kerumahtanggaan
  • Pengurusan ketatausahaan
  • Penyelenggaraan hubungan masyarakat
  • Pengolahan data yang menyangkut bidang administrasi umum
  • Pembentukan Tim Penyusun LAKIP setahun sekali.

4). Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan

Fungsi :

Membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan di bidang yang bersifat ko-kurikuler.

Tugas :

Menilik dan mengkoordinasikan kegiatan di lingkungan Fakultas, yang meliputi :

  • Pelaksanaan pembinaan mahasiswa oleh staf pengajar dalam pengembangan sikap dan orientasi, serta kegiatan mahasiswa lainnya sebagai bagian dari pembinaan civitas akademika.
  • Penyelenggaraan kesejahteraan mahasiswa serta usaha bimbingan dan penyuluhan bagi mahasiswa.
  • Penciptaan iklim pendidikan yang baik dilingkungan kampus dalam upaya memelihara kesatuan dan persatuan bangsa.
  • Pelaksanaan kegiatan mahasiswa dibidang pengabdian pada masyarakat dalam rangka membantu memecahkan permasalahan yang dihadapai masyarakat dan pembangunan.
  • Pengolahan data yang menyangkut bidang pendidikan yang bersifat ko-kurikuler.
  • Pengolahan data dan pembinaan hubungan antar alumni dan almamater.
  • 3. Bertanggungjawab kepada Dekan.

5).     Senat Fakultas

Fungsi :

Memberikan saran dan pertimbangan kepada Dekan dalam menetapkan kebijakan bidang akademik di Fakultas Pertanian.

Tugas :

  • Merumuskan kebijakan akademik fakultas;
  • Merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan serta kepribadian dosen;
  • Merumuskan norma dan tolak ukur pelaksanaan penyelenggaraan fakultas;
  • Menilai pertanggungjawaban pimpinan fakultas atas pelaksanaan kebijakan akademik yang ditetapkan sebagaimana dimaksud dalam butir 1 dan
  • Memberikan pertimbangan kepada pimpinan universitas/ institusi mengenai calon yang diusulkan untuk diangkat menjadi pimpinan fakultas.

6).     Jurusan

Fungsi :

Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian kepada masyarakat dalam sebagian atau satu cabang ilmu sesuai dengan program pendidikan atau bidang studi berdasarkan peraturan yang berlaku di fakultas.

Tugas :

  1. Menyusun rencana dan program kerja jurusan sebagai pedoman kerja
  2. Membuat konsep rencana pengembangan jurusan sebagai bahan masukkan untuk dekan (studi lanjut, pelatihan staf pengajar, PLP dan staf administrasi)
  3. Mengkoordinasi penyelenggaraan perkuliahan dan praktek baik laboratorium maupun lapangan
  4. Melakukan koordinasi dengan program studi untuk penyusunan RPS, hand out, buku ajar, buku referensi dan lain-lain
  5. Mengajukan usul penugasan dosen wali atau penasehat akademik kepada dekan
  6. Mengkoordinasi pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan bimbingan akademik
  7. Mengkoordinasikan pelaksanaan evaluasi dan monitoring beban kerja dosen serta remunerasi setiap akhir semester
  8. Menyusun tim teaching matakuliah melibatkan bidang kajian utama (BKU)
  9. Mengadministrasikan dan mendokumentasikan hasil penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, workshop, pelatihan, seminar dan lain-lain
  10. Melakukan penilaian prestasi kerja dosen setiap akhir tahun (award)
  11. Memberi penilaian SKP dan penetapan angka kredit dosen
  12. Mengkoordinir dosen untuk melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat sesuai dengan beban tugas dan keahliannya
  13. Menyusun analisis kebutuhan dosen dan tenaga administrasi jurusan
  14. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan jurusan sesuai dengan hasil yang telah di capai sebagai pertanggujawaban pelaksanaan tugas
  15. Melakukan pengawasan secara ketat atas kehadiran dosen di ruang kuliah atau ruang laboratorium sesuai berita acara perkuliahan (BAP)
  16. Menunjuk dosen pembimbingan skripsi, pelaksanaan seminar dan ujan akhir dan berkoordinasi dengan bku
  17. Menyusun jadwal praktikum/praktek.

7) Program Studi

Fungsi :

Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran yang memiliki kurikulum dan metode pembelajaran tertentu dalam satu jenis pendidikan akademik, pendidikan profesi, dan/atau pendidikan vokasi.

Tugas :

  1. Menyusun rencana kerja dan anggaran program studi sebagai pedoman kerja tahunan
  2. Menyusun konsep rencana pengembangan program studi sebagai bahan masukan untuk fakultas
  3. Meningkatkan kemampuan penalaran dan soft skill mahasiswa
  4. Membantu penyelenggaraan pendidikan dalam program studi
  5. Melakukan koordinasi dengan jurusan dalam hal penyusunan pembuatan RPS, hand out, pembuatan buku ajar dan buku referensi dan lain-lain
  6. Memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan perkuliahan untuk meningkatkan mutu program studi
  7. Membantu pelaksanaan konsultasi mahasiswa dengan pembimbingan akademik
  8. Menyusun rencana biaya operasional program studi per tahun berdasarkan beban kerja program studi dan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran kegiatan perkuliahan
  9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan program studi sesuai dengan hasil yang telah dicapai sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas
  10. Mengadakan dan memimpin rapat program studi secara periodik, minimal setiap 6 bulan sekali.
  11. Mengkoordinir penerbitan KRS dan KHS
  12. Mengkoordinir penyusunan borang untuk akreditasi program studi
  13. Membantu mahasiswa dalam proses penyelesaian tugas akhir
  14. Melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan studi mahasiswa
  15. Bertanggungjawab terhadap pengembangan kurikulum
  16. Membantu pelaksanaan praktek (laboratorium dan lapang).

8).     D o s e n

Adalah tenaga edukatif (pengajar) di lingkungan Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, terdiri atas:

  • Dosen Tetap PNS
  • Dosen Tetap Non PNS
  • Dosen Tetap BLU
  1. F u n g s i :

Pelaksana pendidikan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan bidang ilmunya, serta memberikan bimbingan kepada mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan dan minatnya di dalam proses pendidikan dan pengembangannya.

  1. T u g a s :

Melaksanakan pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, meliputi:

  • Persiapan pemberian kuliah.
  • Pembimbingan penulisan skripsi dan karya ilmiah lainnya.
  • Penguji mata kuliah dan penguji skripsi (sesuai ketentuan yang berlaku)
  • Mengajar
  • Perwalian mahasiswa.
  • Melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarkat.
  • Melakukan penulisan ilmiah dan seminar.
  • Melakukan bimbingan pada kegiatan ko-kurikuler mahasiswa.
  • Membuat kontrak perkuliahan/belajar

7.1). Dosen Penanggung jawab Mata Kuliah

F u n g s i :

Mengkoordinir penyusunan materi kuliah dan mengatur pelaksanaan perkuliahan bersama anggota tim pengajar pada mata kuliah bersangkutan.

T u g a s :

  • Menyusun GBPP/SAP/RPS bersama-sama tim pengajar, melalui laboratorium
  • Mempersiapkan hand-out untuk penyajian mata kuliah
  • Ikut membantu ketertiban perkuliahan.
  • Membina dosen junior dalam bidang Tridarma perguruan tinggi.
  • Membuat kontrak pengajaran

7.2).Penasehat Akademik

F u n g s i :

Membimbing dan mengarahkan mahasiswa dalam menyusun rencana studinya.

T u g a s :

  1. Memberikan bimbingan dan nasihat kepada mahasiswa baik diminta maupun tidak mengenai berbagai masalah yang dihadapi selama masa pendidikannya, menumbuhkan kebiasaan dan cara belajar yang efektif.
  2. Menyetujui dan menandatangani Kartu Rencana Studi (KRS) yang telah disusun oleh mahasiswa
  3. Menandatangani Kartu Hasil Studi (KHS) atas nilai-nilai yang diperoleh mahasiswa dan menyerahkan ke Wakil Dekan I melalui petugas yang ditunjuk.
  4. Mengevaluasi keberhasilan studi mahaiswa sesuai dengan ketentuan tahapan evaluasi serta membuat laporan dan rekomendasi tentang mahasiswa yang perlu mendapat peringatan akademik dan yang tidak memenuhi persyaratan masing-masing tahap evaluasi kepada ketua program studi/jurusan dalam kaitannya dengan kemungkinan pemutusan studi
  5. Menyimpan dan mengarsipkan seluruh berkas perwalian

8). Laboratorium

F u n g s i:

Sebagai dapur ilmiah dalam mempersiapkan sarana penunjang untuk pelaksanaan pendidikan dan pengajaran, penelitian dalam satu atau sebagian cabang ilmu tertentu sesuai bidang studi bersangkutan, dan pengabdian kepada masyarakat.

T u g a s :

Mengkaji perkembangan ilmu pertanian sebagai penunjang pelaksanaan pendidikan melalui:

  • Pengembangan Kurikulum, Silabi, bahan ajar, SAP/GBPP, dan aturan-aturan akademik lainnya.
  • Membantu jurusan untuk memperlancar kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, dan pengembangan ilmu.
  • Bersama dengan jurusan, membuat perencanaan/program pengembangan lembaga sesuai visi dan misi jurusan.
  • Mengadakan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, dan pembuatan beban mengajar dosen.
  • Mengadakan penulisan (buku, penelitian, jurnal, modul, buku ajar, pengolahan data, dan lain-lain) dan bimbingan tehnis yang dipandang perlu dalam rangka pengembangan ilmu.
  • Merencanakan seminar, lokakarya, diskusi ilmiah, mensosi-alisasikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan kegiatan ilmiah lainnya.

9). Pusat Kajian

Pusat kajian adalaah bagian dari penalaran ilmu pertanian yang kegiatannya meliputi bidang pengabdian kepada masysrakat, penelitian, perencanaan dan pengembangan.

F u n g s i :

Sebagai sentra pengabdian pada masyarakat yang memberi pelayanan konsultasi manajemen, pendidikan/pelatihan, serta melakukan penelitian, perencanaan dan pengembangan.

T u g a s :

  • Memberikan pelayanan dalam bentuk:
    • Pendidikan dan pelatihan,
    • Penelitian dan konsultasi
    • Perencanaan dan pengembangan
  • Menjalin hubungan kerjasama dengan lembaga pemerintah dan swasta dalam bidang pendidikan/pelatihan, penelitian & konsultasi manajemen
  • Mengembangkan pengalaman-pengalaman praktis yang dapat menunjang pengembangan kurikuler, khususnya staf pengajar.
  • Menyusun dan mengembangkan organisasi sesuai perkembangan kegiatan yang ditetapkan oleh Dekan.

10)Unit Pelaksana Komputasi

F u n g s i :

Sebagai sarana penunjang dalam kegiatan pendidikan, pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk praktikum mata kuliah, pelatihan, pendidikan dan kegiatan lainnya yang terkait dengan penggunaan fasilitas komputer untuk peningkatan pengetahuan dan keterampilan.

11).  Bagian Tata Usaha

Adalah unit pelayanan administrasi dilingkungan Fakultas Pertanian yang berada di bawah Dekan.

F u n g s i :

Merupakan unit pelayanan administrasi yang membantu Dekan menjalankan fungsinya dalam memelihara ketertiban dan mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan-kegiatan dilingkungan fakultas.

T u g a s :

    • Menyusun rencana dan program kerja Bagian dan mempersiapkan penyusunan rencana dan program kerja fakultas;
    • Menghimpun dan mengkaji peraturan dan perundang-undangan di bidang ketatausahaan, akademik dan kemahasiswaan;
    • Mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data ketatausahaan, akademik dan kemahasiswaan;
    • Melaksanakan urusan persuratan dan kearsipan fakultas;
    • Melaksanakan urusan kerumahtanggaan fakultas;
    • Melaksanakan urusan rapat dinas di lingkungan fakultas;
    • Melaksanakan urusan pengelolaan barang perlengkapan;
    • Melaksanakan urusan kepegawaian;
    • Melaksanakan urusan pengelolaan keuangan;
    • Melaksanakan urusan administrasi pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat
    • Melaksanakan administrasi kemahasiswaan dan hubungan alumni fakultas;
    • Melaksanakan pemantauan dan kegiatan di lingkungan fakultas;
    • Melaksanakan administrasi perencanaan dan pelayanan informasi;
    • Melaksanakan penyimpanan dokumen dan surat yang berhubungan dengan kegiatan fakultas;
    • Menyusun laporan Bagian dan mempersiapkan penyusunan Laporan Fakultas.

12). Sub Bagian Pendidikan & Pengajaran

F u n g s i :

Membantu Kepala Bagian Tata Usaha  dalam melaksanakan pelayanan teknis adminstrasi di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

T u g a s :

  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas pendaftaran mahasiswa, pengisian KRS/KHS, pembatalan dan cuti akademik.
  • Menilik dan mengkoordinir penawaran mata kuliah, pengasuh mata kuliah dan pembuatan jadwal perkuliahan.
  • Menilik dan mengkoordinir tugas perwalian, pembimbing skripsi dan ujian sarjana.
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan praktikum, PPL, ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan seminar, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan studi mahasiswa dan tugas dosen.
  • Menilik dan mengkoordinir tugas penyusunan program kerja tahunan.
  • Menilik dan mengkoordinir tugas penyusunan statistik mahasiswa.
  • Menyusun laporan pelaksanaan program kerja sub bagian.

12.1).  Pelaksana Urusan Registrasi

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Menghimpun KRS/KHS mahasiswa yang telah ditanda tangani dosen wali.
  • Menghimpun data/daftar mahasiswa yang cuti akademik, aktif dan tidak aktif, serta mahasiswa pindahan setiap semester.
  • Membuat daftar pertama bagi mahasiswa semester III, kedua bagi mahasiswa semester V, dan ketiga bagi mahasiswa semester VII.
  • Menyiapkan KRS/KHS setiap mahasiswa menurut tahun angkatan dan menurut jurusan dalam map/kantongan yang telah ditentukan.
  • Menyiapkan dalam file data mahasiswa yang cuti akademik setiap semester.
  • Menghitung kehadiran dosen dalam mengajar setiap semester selambat-lambatnya dimulai setelah satu bulan kuliah berlangsung.
  • Membuat transkrip nilai bagi mahasiswa yang telah selesai studinya.
  • Membuat kartu kontrol mata kuliah setiap mahasiswa.
  • Dan Lain-lain sesuai bidang tugas.

12.2).  Pelaksana Urusan Perkuliahan dan Ujian Semester.

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Mempersiapkan pembuatan jadwal perkuliahan (reguler dan antara) dan praktikum selambat-lambatnya satu bulan sebelum perkuliahan dimulai, serta mengumumkan kepada mahasiswa.
  • Menyiapkan daftar hadir perkuliahan dosen dan mahasiswa selambat-lambatnya satu minggu sebelum kuliah dimulai.
  • Mengedarkan absen kuliah dosen dan mahasiswa setiap waktu kuliah.
  • Mempersiapkan dan menggandakan jadwal perkuliahan, jadwal praktikum dan ujian semester.
  • Menghitung persentase kehadiran mahasiswa (melalui komputer) untuk menentukan mahasiswa yang berhak/tidak berhak mengikuti ujian semester.
  • Membuat dan membagikan kartu ujian kepada mahasiswa peserta ujian.
  • Membuat DPNA (melalui komputer) setiap mata kuliah berdasarkan KRS mahasiswa.
  • Membuat KHS (melalui komputer akademik) setiap mahasiswa berdasarkan DPNA.

12.3). Pelaksana Urusan Bimbingan Mahasiswa dan Ujian Sarjana

Uraian Tugas dan Tanggungjawab

    • Mempersiapkan daftar isian dosen wali, menggandakan dan mendistribusikan kepada setiap dosen wali.
    • Memperbaharui isian dosen wali setiap tahun yang telah ditentukan
    • Mempersiapkan berkas bimbingan skripsi yang akan diisi oleh atasan.
    • Membuat/mempersiapkan formulir SK. Bimbingan skripsi.
    • Membuat SK bimbingan skripsi bagi mahasiswa yang telah ditunjuk dosen pembimbingnya oleh Koordinator Prodi melalui BKU atau Koordinator Prodi secara langsung.
    • Mendistribusikan SK. Pembimbing skripsi kepada dosen yang telah ditunjuk oleh Dekan.
    • Mengakreditasi (melakukan clearing) mata kuliah bagi mahasiswa yang mengajukan permohonan ujian sarjana.
    • Meneruskan berkas permohonan mahasiswa yang akan ujian sarjana kepada Rektor Cq. BAKP untuk mendapatkan kartu clearing ujian sarjana.
    • Menggandakan jadwal ujian sarjana setelah ditentukan waktu ujian
    • Mempersiapkan berkas ujian sarjana yang diperlukan dalam ujian sarjana.
    • Membuat/menggandakan SK tim penguji ujian sarjana.
    • Mendistribusikan jadwal ujian dan SK tim penguji kepada setiap dosen penguji.
    • Membuat berita acara ujian sarjana yang lulus ujian dan mengirimkannya kepada BAKP untuk penyelesaian ijazah yang bersangkutan.
    • Menyimpan dalam file data-data yang berhubungan dengan bidang tugas (SK Pembimbing), dosen wali, SK. Pembimbing skripsi, SK. Tim penguji, dan lain-lain.

13). Sub Bagian Umum dan Perlengkapan

F u n g s i :

Membantu Kepala Tata Usaha dalam melaksanakan pelayanan teknis administrasi di bidang administrasi umum dan perlengkapan, ekspedisi, pembukuan, serta perawatan dan kebersihan.

T u g a s :

  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas bidang administrasi umum
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas bidang perlengkapan.
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas bidang kerumahtanggaan.
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas kebersihan lingkungan.

13.1).  Pelaksana Urusan Administrasi Umum

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Membuat buku kendali setiap surat
  • Menyiapkan buku ekspedisi surat keluar dan buku agenda surat masuk
  • Menyiapakan file-file arsip.
  • Menggandakan jadwal kuliah dan mendistribusikannya kepada setiap dosen pengasuh.
  • Mendistribusikan surat-surat keluar dan masuk sesuai dengan tujuan surat.
  • Dan lain-lain sesuai dengan bidang tugasnya.

13.2).  Pelaksana Urusan Kerumahtanggaan

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Memelihara kebersihan dan menata peralatan ruang kantor, ruang kuliah, serta lingkungan.
  • Membantu menyiapkan pengaturan ruang kuliah
  • Membersihkan kamar mandi/WC serta mengontrol kesediaan air bersih.
  • Mengontrol/menyiapkan kebutuhan air minum di semua unit kerja.
  • Mengontrol pelaksanaan sistem keamanan.

13.3).     Pelaksana Urusan Perlengkapan

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Menyusun rencana permintaan alat tulis menulis untuk keperluan rutin setiap bulannya.
  • Menyiapkan permintaan alat tulis menulis untuk keperluan ujian semester sekurang-kurangnya satu minggu sebelum ujian dilaksanakan.
  • Mengurus/mengajukan permintaan pengadaan barang perlengkapan sesuai kebutuhan pada masing-masing unit yang ada.
  • Mendistribusikan barang-barang perlengkapan sesuai kebutuhan dan prosedur yang ada.
  • Membuat daftar barang perlengkapan inventarisasi yang terdapat dimasing-masing ruang kerja sesuai model yang telah ditentukan.
  • Membuat buku informasi dan mencatat semua barang /perlengkapan.
  • Mencatat semua pengeluaran barang perlengkapan yang dilengkapi dengan nota/bukti pengeluaran
  • Menyimpan dan mengamankan semua barang perlengkapan.
  • Melakukan inventarisasi barang-barang perlengkapan yang telah tua.
  • Menyimpan daftar file barang perlengkapan semua dokumen, surat-surat dan warkat yang berkaitan dengan masalah perlengkapan

14). Sub Bagian Keuangan dan Kepegawaian

F u n g s i :

Membantu Kepala Bagian Tata Usaha  dalam melaksanakan pelayanan teknis adminstrasi di bidang Keuangan dan Kepegawaian.

T u g a s :

  • Menilik dan Mengkoodinir pelaksanaan tugas dalam bidang keuangan.
  • Menilik dan Mengkoodinir pelaksanaan tugas pembuatan daftar gaji.
  • Menilik dan Mengkoodinir pelaksanaan Tugas dalam bidang kepegawaian
  • Menilik dan mengkoordinir tugas penyusunan program kerja tahunan.
  • Menilik dan mengkoordinir tugas penyusunan statistik dosen dan kepegawaian
  • Menyusun laporan pelaksanaan program kerja sub bagian.

14.1).  Pelaksana Urusan Administrasi Keuangan

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Membukukan semua keuangan baik menyangkut penerimaan, maupun pengeluaran sesuai masing-masing anggaran/pos anggaran.
  • Membuat pertanggungjawaban penggunaan dana.
  • Menyediakan dan mengatur penggunaan dana sesuai dengan RPO/RPA (DIPA).
  • Mengarsipkan setiap bukti penerimaan dan pengeluaran dana
  • Membuat buku kontrol masing-masing sumber dana.
  • Melaporkan posisi keuangan setiap bulan kepada Dekan/Wadek Biduk.
  • Membuat ampra gaji, honorer, remunerasi dan pembayaran kinerja lainnya tepat waktu untuk tenaga akademik dan tenaga administrasi.
  • Mengarsipkan dalam file semua dokumen yang berhubungan dengan masalah keuangan.

14.2).  Pelaksana Urusan Kepegawaian

Uraian Tugas dan Tanggungjawab :

  • Mempersiapkan usul kebutuhan tenaga akademik/administrasi
  • Melakukan registrasi tenaga akademik/administrasi pertahun tentang:
    • Banyaknya jumlah keluarga
    • Perkembangan pendidikan, kursus, dan lain-lain yang diikuti.
    • Masa kerja golongan dan keseluruhan.
    • Perubahan gaji berkala.
    • Informasi kenaikan pangkat dan gaji pokok.
  • Mempersiapkan usul mutasi kepangkatan
  • Mengumpulkan bukti-bukti angka kredit bagi tenaga akademik.
  • Membuat buku induk dan statistik tenaga akademik/administrasi.
  • Membuat file data masing-masing tenaga akademik/administrasi.
  • Membuat daftar urutan kepangkatan (DUK) tenaga akademik/administrasi pertahun menurut :
    • SK Kepangkatan/golongan
    • Masa jabatan
    • Pendidikan, umur, dan lain-lain.
  • Menyiapkan bahan penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) setiap tahun.
  • Menggadakan SKP yang telah diisi oleh atasan.
  • Membuat SK beban mengajar dosen setiap semester
  • Menyimpan dalam file semua dokumen, surat, warkat setiap tenaga akademik/administrasi

15).  Sub Bagian Kemahasiswaan

F u n g s i :

Membantu Kepala Tata Usaha dalam melaksanakan pelayanan teknis administrasi bidang kemahasiswaan, hubungan alumni serta statistik mahasiswa dan alumni.

T u g a s :

  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas dalam bidang kemahasiswaan
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas dalam bidang hubungan alumni
  • Menilik dan mengkoordinir pelaksanaan tugas pembuatan statistik mahasiswa dan alumni.

15.1). Pelaksana Urusan Kemahasiswaan dan Alumni.

Uraian Tugas dan Tanggungjawab:

  • Membuat data statistik mahasiswa dan alumni sekaligus membuat data kemajuan mahasiswa dan kegiatan alumni yang memperoleh beasiswa.
  • Memilih mahasiswa yang berprestasi dan yang membutuhkan dana sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan untuk pemberian beasiswa.
  • Menyusun kegiatan ko-kurikuler mahasiswa sebagai bagian kegiatan wajib mahasiswa yang telah ditentukan beban/jumlah point kegiatannya.
  • Membantu pelaksanaan kegiatan wisuda dengan menyiapkan lulusan yang siap untuk di wisuda.
  • Menginventarisir semua kegiatan kurikuler yang telah dilakukan mahasiswa
  • Membuat daftar kegiatan ko-kurikuler mahasiswa.
  • Membuat laporan kegiatan mahasiswa secara berkala.
  • Menyusun dalam file semua kegiatan ko-kurikuler mahasiswa dan alumni.
Help-Desk