a. Tujuan

Tujuan penulisan Proposal dan skripsi adalah memberi pengalaman belajar di lapangan kepada mahasiswa dalam mengamati, merumuskan fenomena bisnis dan ekonomi, memecahkan masalah secara ilmiah dengan cara melakukan penelitian sendiri, menganalisis dan menarik kesimpulan serta menyusun menjadi bentuk karya ilmiah.

b.  Pengertian Proposal

1. Proposal adalah Tahap awal dari penulisan suatu karya ilmiah (dalam hal ini skripsi), yang menyatakan tentang rancangaan penilitian yang benar-benar akan dilaksanakan.

2. Skripsi adalah Penyelesaian akhir studi mahasiswa pada  program S1 dapat ditempuh melalui jalur ujian skripsi.


c.  Peranan

  1. Penulisan proposal dan skripsi merupakan kegiatan belajar yang mengarahkan mahasiswa untuk mengintegrasikan pengalaman belajarnya dalam menghadapi suatu masalah secara mendalam.
  2. Penulisan Propsal dan skripsi merupakan sarana kegiatan belajar mahasiswa untuk meningkatkan kemampuannya dalam mengintegrasikan pengalaman dan ketrampilan yang telah diperoleh.
  3. Penulisan proposal dan skripsi memberikan peluang kepada mahasiswa untuk melatih diri dalam hal mengemukakan pendapat dan memecahkan masalah secara mandiri dan ilmiah.

d. Isi, sistematika dan teknik penulisan skripsi mengacu kepada Pedoman Penulisan Skripsi yang diterbitkan oleh masing-masing Program Studi (Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Budidaya Perairan).

e. Tata Cara Pengajuan Judul

  • Usul penulisan Proposal dan skripsi dapat diajukan kepada ketua jurusan/ketua program studi oleh mahasiswa setelah mengumpulkan minimal 130 SKS dengan IPK minimal 2,00.
  • Permasalahan pokok yang akan dikaji dalam penulisan skripsi disesuaikan dengan bidang studi mahasiswa yang bersangkutan.
  • Judul skripsi yang diajukan oleh mahasiswa wajib mendapatkan rekomendasi dan persetujuan Jurusan.

f.   Pembimbing Proposal dan Skripsi

1.   Dalam penulisan proposal dan skripsi mahasiswa diarahkan oleh pembimbing.

2.  Pembimbing berjumlah 3 orang dengan tugas :

  • Pembimbing pertama bertugas memberi bimbingan dan menilai skripsi dari awal sampai akhir.
  • Pembimbing kedua dan Ketiga bertugas membantu pembimbing pertama, terutama dalam teknis penulisan.

3.  Pembimbing pertama paling rendah berpangkat Lektor Madya III/d atau Lektor III/c dengan gelar Magister S2 atau Doktor S3, sedangkan pembimbing kedua paling rendah berpangkat Lektor III/c atau Asisten Ahli dengan gelar Magister S2 atau yang ditunjuk oleh ketua jurusan berdasarkan bidang keahliannya. Pembimbing skripsi dimungkinkan berasal dari luar dosen tetap Fakultas Pertanian Universitas Tadulako sepanjang keahliannya sangat dibutuhkan untuk pengembangan studi dan atau relevan dengan substansi penulisan skripsi.

4. Pembimbing yang ditunjuk oleh dekan (c.q. Ketua jurusan) disesuaikan dengan eksistensi dan disiplin ilmu yang cocok dengan judul skripsi/laporan.

5. Selama proses pembimbingan mahasiswa diharuskan membawa serta kartu bimbingan untuk ditandatangani oleh pembimbing.

g.   Prosedur Penulisan Proposal, Skripsi dan Laporan Akhir

  1. Mahasiswa yang diperkenankan mengajukan rencana penulisan Proposal Skripsi dan Laporan Akhir adalah mereka yang telah memperoleh minimal 130 SKS untuk Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan, Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.
  2. Permohonan judul diajukan oleh mahasiswa kepada Ketua Jurusan untuk kemudian diproses oleh konsentrasi keilmuan pada masing-masing jurusan.
  3. Apabila judul telah direkomendasi berdasarkan masukan dari konsentrasi, maka Ketua Jurusan segera mengusulkan nama dosen pembimbing yang disertai dengan rancangan proposal dan atau skripsi kepada Dekan untuk diterbitkan SK pembimbingan skripsi.
  4. Dalam proses pembimbingan proposal dan skripsi, pembimbing perlu menandatangani kartu pembimbingan dan apabila pembimbing menganggap layak untuk diseminarkan, maka pembimbing menandatangani persetujuan untuk dilakukan seminar proposal.
  5. Proposal yang telah diseminarkan, diperbaiki dan kemudian diserahkan kejurusan 4 rangkap untuk didaftar.
  6. Jangka waktu penulisan skripsi adalah 6 bulan dan dapat diperpanjang menjadi 12 bulan, apabila belum juga selesai maka akan ditinjau kembali.
  7. Penyusunan proposal dan skripsi harus diprogramkan dalam kartu rencana studi ( KRS) pada semester berjalan.
  8. Penulisan skripsi harus mengikuti Pedoman Penulisan Skripsi yang dikeluarkan oleh masing-masing Program Studi (Agroteknologi, Agribisnis, Peternakan, Budidaya Perairan)..

h.  Seminar Proposal dan Ujian Skripsi

  1. Seminar Proposal merupakan sarana untuk  menguji permasalahan dan alat analsis yang digunakan untuk skripsi.
  2. Ujian skripsi merupakan ujian pada akhir studi bagi mahasiswa yang telah memenuhi persyaratan akademik baik pada Program S1 Fakultas Pertanian Universitas Tadulako, yakni:
  • Telah memenuhi beban SKS yang ditentukan berdasarkan kurikulum Fakultas Pertanian Universitas Tadulako.
  • IPK ³ 2 dengan catatan D  £ 2 mata kuliah;


3         Ujian skripsi dilaksanakan secara lisan oleh tim penguji yang dibentuk berdasarkan SK Dekan sebanyak 7 orang termasuk pembimbing dengan materi uji pada substansi isi skripsi.

4.     Tim penguji skripsi terdiri atas pembahas pada seminar proposal mahasiswa tersebut. Tim penguji dibentuk berdasarkan SK Dekan, terdiri atas :

  • Ketua merangkap anggota.
  • Sekretaris merangkap anggota
  • Penguji Utama
  • Penguji Anggota.

5.      Ujian skripsi dapat dilaksanakan setelah mahasiswa yang bersangkutan mengajukan permohonan ujian kepada Dekan melalui ketua Jurusan/Program studi yang bersangkutan dengan menyertakan :

  • menyerahkan skripsi sebanyak delapan rangkap.
  • menunjukkan bukti telah mengikuti/menghadiri seminar proposal dan ujian skripsi masing-masing minimal 5 kali.
  1. Pengajuan permohonan ujian skripsi sebagaimana dimaksud pada butir 4 paling lambat dua minggu sebelum ujian dimulai.
  2. Pelaksanaan ujian skripsi diatur oleh Ketua Jurusan/Program studi dengan memperhatikan tata cara ujian skripsi yang berlaku, yaitu :

-     Ujian dapat dilaksanakan jika ketua tim penguji hadir dengan sekurang-kurangnya 4 (empat) orang anggota termasuk pembimbing.

-     Jika salah satu anggota pembimbing berhalangan hadir, ujian dapat dilaksanakan setelah yang bersangkutan menyerahkan (secara tertulis) mahasiswa bimbingannya kepada ketua jurusan atau ketua panitia ujian.

  1. Pada saat ujian skripsi berlangsung, penguji dianjurkan mengenakan pakaian yang rapi dan berdasi, sedangkan kandidat diwajibkan mengenakan pakaian yang rapi, berdasi dan jas almamater (warna biru, lengkap dengan atributnya) untuk laki-laki dan untuk perempuan manyesuaikan.